ujian adalah strategi!

writed by [Ronear] Selasa, Desember 16, 2008

wahai semua......
sekarang musim hujan telah tiba dan dibarengi musim hujian semester.para pelajar SMA saya,SMAIT NUR HIDAYAH ,telah melalui masa-masa yang tegang itu.
ya,mungkin ada dan pasti terjadi adalah jebloknya nilai ujian para siswa.walaupun ada yang bagus ,biasanya pasti bisa dihitung dengan jari.
ujian diadakan untuk menguji(namanya aja ujian)kemampuan kita di bidang pelajaran baik dari segi materi maupun pengaplikasiannya.jika kita mau,kita sebenarnya bisa mendapat nilai maksimal sesaui yang kita inginkan.tetapi segala sesuatu yang baik pasti dilakukan dengan cara yang baik pula .karena itu saya punya sedikit tips untuk memenangkan nilai di medan ujian.beriku.....t!

1.dimulai dari bidang pelajaran,usahakan untuk tidak membenci pelajaran ,apapun.syukur-syukur menyukainya.karena pada dasarnya,pelajaran menambah kemampuan kita di berbagai bidang walaupun itu sedikit.jadi kalau ada orang yang tidak suka suatu pelajaran,misal matematika(kayaknya banyak ya ,yang seperti ini)jangan diharapkan menguasainya 100%.padahal,saat dewasa nanti semua kehidupan kita dapat diperhitungkan dengan matematika dan kawan-kawannya.
2.di kelas ambil posisi memahami yang anda mau,karena setiap orang berbeda,maka coba pahami karakter belajar seseorang.mungkin suatu saat nanti anda bisa minta tolong padanya.dan waktu malam saat belajar , pertama , 'muraja'ah'pelajaran yang telah diberi hari itu,lalu mulai belajar untuk pelajaran besok.usahakan mendahulukan mengerjakan tugas ,bila tidak ada,maka MEMBACALAH bagian pelajaran yang paling anda sukai dan coba dipahami.
3.saat akan ujian dan jarak antara pertama kali diberi jadwal ujian adalah seminggu(sejumlah dengan hari-hari ujian)maka belajar dari yang paling terakhir diujikan .karena,ingatan kita minimal sudah dicicil untuk mempelajarinya walaupun sedikit.
4.saat membaca buku dan menghafal materi,sebaiknya dimulai dari bab yang terakhir diberi&diajarkan .karena biasanya soal tentang bab terakhir ada di akhir-akhir,dan bab awal yang harus kita pelajari saat terakhir nanti,biasanya muncul di nomor-nomor pertama.sehingga,memori mengenai bab -bab awal masih 'nyantol'.
5.ibadah.jangan melakukan suatu hal yang dapat merusak kualitas ibadah kita.seperti maksiat-maksiat,harus kita jauhi,mengingat hadist Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa ilmu adalah cahaya ,dan cahaya itu tidaklah diberikan pada orang -orang yang berbuat maksiat/dosa.dan sebaliknya tungkatkan terus ibdah kita misal dengan qiyamullail,sholat dhuha,sholat tepat waktu,dan infaq-sedekah.
6.yang paling penting ,sebelum ujian jangan menjalankan SKS dan bangun pagi sebelum shubuh.dan saat akan mengerjakan ujian berdoa sebanyak mungkin dan terus sabar menjawab soal demi soal.
demikian tips-tips yang pernah saya praktekkan,dan minimal ada sedikit nilai saya yang jelek dan ikut remidi.
Related Posts with Thumbnails
Code Geass - Zero 4

Entri Populer

Ganti backgroundnya yuk

>

[berbagi link]