Memahami Linux beserta lisensinya

writed by [Ronear] Jumat, Oktober 30, 2009

Banyak orang yang bertanya kepada tentang linux dan lisensinya, antara lain sepeti berikut. Apakah linux hanya kernel, system operasi, distro atau repo? Apakah linux itu pasti selalu grstis. Bebas dan open sources? Mengapa ada linux yang bebas dan tidak bebas? Mengapa ada linux yang tidak otomatis bias memutar mp3 dan DVD?, setalh linux terinstal?.

Ya, memang dulu linux itu hanya kernel atau jantungnya system operasi yang dibuat pertama kali oleh orang finlandia yang tinggal di Amerika bernama Linus trovalds. Kernel linux si lengkapi dengan berbagi software lainnya yang berbentuk system operasi. Lalu, linux mulai disebut dengan istilah system operasi lengkap yang disebut dengan distro (Distribution) misalnya ubuntu, yang disebut sebagai salah satu system operasi berbasis linux.


Linus torvalds


Distro adalah kumpulan kumpulan program yang di paketkan dalm CD, DVD, harddisk, atau flashdisk dan lainnya, termasuk dalam server Web dan FTP. Repo atau repository itu serupa seperti distro tapi ia lebih di spesialisasikan untuk menambah program, mengupdate, mengupgrade di distro linux yang sedang berjalan.

Kernel linux mempunyai lisensi bernama GPL (general public licenci), yang berarti tidak perlu biaya izin, untuk menggunakan, mempelajarinya, memodifikasinya, dan menyebarluaskannya. GPL merupakan salah satu dari banyak jenis lisensi FOSS (free/ open sources software) yang gratis. Kata gratis di sini berarti tanpa biaya izin, atau lisensi, sedangkan biaya-biaya selain lisensi tetap ada. SEdangkan kata free di kata free sources artinya freedom atau bebas bukanlah gratis. Semua program dalam distro linux biasanya berlisensi foss atau minimal bebas digunakan bebas disebarluaskan, meskipun tidak memiliki lisensi GPL. Namun ada juga distro yang tidak bebas disebarluaskan karena ada program atau data merk dagang atau logo yang perlu izin untuk menyebarluaskannya. Sebaliknya distro seperti ubuntu dijaga ubutk tetap FOSS sehingga tidak dapat otomatis dapat memutar file mp3 dan DVD, karena kedua format itu tidak terbuka. Itu bukanlah masalah karena anda bias mendapatkan codec untuk memutar Mp3 dan sebagainya apabila computer anda tersambung dengan internet.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.
logo
Related Posts with Thumbnails
Code Geass - Zero 4

Entri Populer

Ganti backgroundnya yuk

>

[berbagi link]