Parade 5 planet

writed by [Ronear] Jumat, Maret 02, 2012
 

Subhanallah....
salah satu tanda kebesaran Allah adalah dengan cara Allah mengatur makhluknya sebagaimana yang Dia hendaki dan inilah salah satunya.


diberitakan melalui Kompas online dan NatGeo, mulai malam sabtu ini(3 Maret 2012) hingga sekitar Rabu malam (7 Maret 2012) ada 5 planet yang akan terlihat secara jelas di langit secara bergantian..dan bisa kita sebut ini sebagai parade planet....Subhanallah....

Dimulai pada jam 18.30, (jika tidak mendung) planet bisa dilihat meski tanpa teropong ato alat2 lainnya.

berikut jadwalnya yang saya dapat:

     Merkurius akan tampak di ufuk barat dengan magnitud -0,52. Pengamatan planet ini harus lebih jeli karena tampak dekat dengan Matahari. Sementara itu, Venus dan Jupiter juga akan bersinar di langit barat, masing-masing dengan magnitud -4,12 dan -2,01. Di ufuk timur, Mars ada dalam kesendirian, tampak dengan magnitud -1,23. Magnitud menyatakan kecerlangan benda planet. Semakin negatif, semakin cerlang benda langit dan semakin mudah dilihat mata.

    Kesempatan mengamati Merkurius sangat singkat. Sekitar pukul 19.00 WIB, planet ini sudah menghilang dari pandangan mata. Venus dan Jupiter bisa diamati lebih lama, namun juga akan tenggelam sekitar pukul 20.30 WIB.


    Sementara itu, semakin malam, Mars akan semakin bergerak ke atas. Hingga menjelang fajar, planet ini masih bisa diamati. Saturnus, si planet bercincin, akan hadir di langit timur dengan magnitud 1,01 mulai sekitar pukul 21.30 WIB.




maka persiapkan peralatan jika ingin merekam kejadian langka yang terakhir kali ada di tahun 2004 ini. O iya juga selain planet2 tersebut , Ada Obyek lain yang akan terlihat yaitu bintang sirius, yang notabene cahayanya sangat terang..


jika yang ingin sekali melihat posisi planet lewat software Stellarium bisa diunduh lwat sini, sumbernya

selamat berburu planet!


source:Kompas
logo
Related Posts with Thumbnails
Code Geass - Zero 4

Entri Populer

Ganti backgroundnya yuk

>

[berbagi link]